Tol Kayuagung-Palembang Dibuka Gratis Oktober

11/09/2019

Highway

Palembang – Pembangunan jalan tol Trans Sumatera terus berlanjut, selanjutnya ruas tol Kayuagung-Palembang yang siap diresmikan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru yang menyampaikan Oktober nanti ruas tol dengan panjang 35,5 km ini siap beroperasi secara fungsional alias gratis.

"Fungsional ruas jalan tol itu rencananya dilakukan bersamaan dengan peresmian ruas jalan tol Lampung-Palembang oleh Presiden Joko Widodo. Rencana di awal Oktober nanti," ujar Herman Deru

Herman juga menjelaskan jalan tol Kayuagung-Palembang ini sudah layak fungsi, hal ini telah dikaji dan dibuktikan langsung oleh tim Kementerian yang mencoba ruas tol tersebut dari Bakauheni sampai Kota Palembang. Pembangunan ruas tol Kayuagung-Palembang ini melengkapi ruas di Trans Sumatera yang terhubung hingga saat ini, hal ini dapat meningkatkan percepatan angkutan logistik maupun konektivitas masyarakat sekitar.

"Posisi sekarang itu setelah ada ruas tol Lampung-Palembang, maka jalan di ruas lintas timur menjadi lebih padat. Setelah tol Kayuagung-Palembang lanjut lagi ke tol Palembang-Betung, jika sudah beres, penumpukan ini tentu bisa terpecah," terang Herman Deru.

Setelah ruas tol Kayuagung-Palembang selesai, pemerintah akan lebih berfokus pada percepatan pengerjaan ruas  Palembang-Betung. Ruas tol Palembang-Betung sangat dinantikan pengguna jalan agar bisa memecah penumpukan truk-truk yang masuk ke Palembang.

Menurut Herman, jika tidak dilakukan percepatan, ada kemungkinan Palembang akan dipenuhi truk dari Jawa yang tertahan setelah keluar kembali di jalan arteri. Dia menambahkan untuk ruas tol Palembang-Betung tetap terealisasi sesuai target, di awal 2020 beroperasi.

"Semuanya sudah clear, termasuk untuk pembebasan lahan. Kita tinggal tunggu saja ini masuk proyek strategis nasional,"kata Herman